Program Pengalaman Lapangan
APA ITU PPL??
Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah
suatu program dari prodi FKIP yang merupakan ajang penelitian terpadu untuk
menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka
pembentukan guru yang profesional. Program ini diselenggarakan untuk
meningkatkan kesadaran peserta PPL terhadap komponen penting dalam kegiatan
belajar mengajar dan untuk mendorong agar mereka mampu mengimplementasikan
tugas kuliah dan meningkatkan keterampilan pribadi sebagai calon guru yang
kreatif. Selain itu setiap mahasiswa/i FKIP dapat menerapkan
teori-teori pembelajaran yang di bahas dan di kupas pada perkuliahan. Dengan
menerapkan langsung maka harapan terbesar adalah mahasiswa/i mendapatkan suatu
gambaran nyata tentang proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya
pengalaman maka mereka mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka
sebagai calon guru yang akan mendukung mereka menjadi guru profesional.
Guru Sebagai Fasilitator
Siswa Dilatih Untuk Kritis Dalam Memecahkan Suatu Masalah
Gambar diatas
merupan kegiatan yang dilakukan mahasiswa PPL sebagai calon guru di dalam
kelas. Pembelajaran pada kegiatan tersebut merupakan contoh dari Pembelajaran Kooperatif, dimana dalam pembelajaran kooperatif siswa dilatih untuk aktif,
kreatif, dan komunikatif dalam kegiatan kelajar.
Nah seperti
pada umumnya penelitian, dalam kegiatan PPL mahasiswa/I juga diwajibkan untuk
membuat suatu laporan penelitian. Laporan Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini
berisi tentang kegiatan mahasiswa praktikan sebagai calon guru selama berada
dilokasi PPL. Nah Berikut Merupakan Contoh dari laporan PPL (silahkan download link dibawah ini)
<<<Semoga bermanfaat >>>
Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah
suatu program dari prodi FKIP yang merupakan ajang penelitian terpadu untuk
menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka
pembentukan guru yang profesional. Program ini diselenggarakan untuk
meningkatkan kesadaran peserta PPL terhadap komponen penting dalam kegiatan
belajar mengajar dan untuk mendorong agar mereka mampu mengimplementasikan
tugas kuliah dan meningkatkan keterampilan pribadi sebagai calon guru yang
kreatif. Selain itu setiap mahasiswa/i FKIP dapat menerapkan
teori-teori pembelajaran yang di bahas dan di kupas pada perkuliahan. Dengan
menerapkan langsung maka harapan terbesar adalah mahasiswa/i mendapatkan suatu
gambaran nyata tentang proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya
pengalaman maka mereka mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka
sebagai calon guru yang akan mendukung mereka menjadi guru profesional.
Guru Sebagai Fasilitator
Siswa Dilatih Untuk Kritis Dalam Memecahkan Suatu Masalah
Gambar diatas merupan kegiatan yang dilakukan mahasiswa PPL sebagai calon guru di dalam kelas. Pembelajaran pada kegiatan tersebut merupakan contoh dari Pembelajaran Kooperatif, dimana dalam pembelajaran kooperatif siswa dilatih untuk aktif, kreatif, dan komunikatif dalam kegiatan kelajar.
Jika ada masukan silahkan coret d kolom komentar.
Komentar